•02:31
Pengajian of Dearest Friday – PDF (seri ke-78)
Jum’at, 27 Nopember 2009

Bismillaahirrahmaanirrahiim
Assalaamu’alaikum Wr. Wb.


DUNIA INFORMASI (3) - KUALITAS

Informasi yang berkualitas baik memenuhi criteria atau indikator sebagai berikut:

  1. Benar dan akurat (right, valid, accurate). Informasi harus benar dan tepat sesuai dengan realitas yang ada.
  2. Jelas. Informasi harus jelas bahasanya, isinya, dan tulisannya, sehingga mudah dipahami
  3. Lengkap. Informasi harus lengkap, mendetail, mencakup banyak aspek
  4. Konsisten. Informasi harus konsisten dengan kebenaran
  5. Relevan, sesuai dengan kebutuhan. Informasi harus sesuai dengan apa yang diinginkan atau dibutuhkan
  6. Nilai guna dan tujuan positif. Informasi harus bermanfaat dan bertujuan baik
  7. Sumber yang jelas dan bertanggung jawab. Sumber informasi harus dapat dipercaya dan dipertanggung-jawabkan
  8. Kemudahan akses. Informasi harus mudah diperoleh dan disebarkan
  9. Membantu. Informasi yang baik adalah membantu seseorang dalam menghadapi problem
  10. Sering muncul (diulang-ulang). Informasi yang baik hendaknya diulang-ulang untuk disampaikan

Pemerintah Scotland, dalam the Guide to the Production and Provision of Information about Health and Healthcare Interventions, menyebutkan bahwa informasi yang berkualitas baik memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:
  1. Clearly state what they are about and whom they are for
  2. Are relevant to the people for whom they are intended
  3. Are accurate and consistent with up-to-date research evidence
  4. Are accessible, comprehensible and acceptable to the people for whom they are intended
  5. Support patient-focused healthcare
  6. Are designed to achieve their particular aims
  7. Help people to identify further sources of information and support
  8. Help people to judge the quality of the information provided.

(Source: http://www.scotland.gov.uk/Publications/2003/10/18378/28154

 
- accessed in 6th of August 2009)

  1. Jelas menyatakan tentang apa dan untuk siapa
  2. Relevan (sesuai) dengan keinginan orang yang dituju
  3. Akurat dan konsisten denagn bukti riset terbaru
  4. Dapat diakses, dipahami, dan diterima oleh orang yang dituju
  5. Mendukung kesehatan pasien
  6. Didesian untuk mencapai tujuan tertentu
  7. Membantu orang untuk menentukan sumber informasi dan dukungan selanjutnya
  8. Membantu orang untuk menentukan kualitas informasi yang tersedia

 

Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: "Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang menyerah diri? Dan tidaklah sama kebaikan dan kejahatan. Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat setia (QS Fushilat 41:33-34)

Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk (QS an-Nahl  24:125)



Wallaahu a’lam bish-shawwab,
Fas-aluu ahladz-dzikri inkuntum laa ta’lamuun

Penulis:
Muhammad Muhtar Arifin Sholeh
Dosen di UNISSULA Semarang
Ph.D Student di Department of Information Studies, University of Sheffield UK
Alumni Antropologi UGM & Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga
Alumni Aberystwyth University, UK
Ketua Kibar UK 2009/2010
http://muhstarvision.blogspot.com