Jum’at, 27 Nopember 2009
Bismillaahirrahmaanirrahiim
Informasi yang berkualitas baik memenuhi criteria atau indikator sebagai berikut:
- Benar dan akurat (right, valid, accurate). Informasi harus benar dan tepat sesuai dengan realitas yang ada.
- Jelas. Informasi harus jelas bahasanya, isinya, dan tulisannya, sehingga mudah dipahami
- Lengkap. Informasi harus lengkap, mendetail, mencakup banyak aspek
- Konsisten. Informasi harus konsisten dengan kebenaran
- Relevan, sesuai dengan kebutuhan. Informasi harus sesuai dengan apa yang diinginkan atau dibutuhkan
- Nilai guna dan tujuan positif. Informasi harus bermanfaat dan bertujuan baik
- Sumber yang jelas dan bertanggung jawab. Sumber informasi harus dapat dipercaya dan dipertanggung-jawabkan
- Kemudahan akses. Informasi harus mudah diperoleh dan disebarkan
- Membantu. Informasi yang baik adalah membantu seseorang dalam menghadapi problem
- Sering muncul (diulang-ulang). Informasi yang baik hendaknya diulang-ulang untuk disampaikan
Pemerintah Scotland, dalam the Guide to the Production and Provision of Information about Health and Healthcare Interventions, menyebutkan bahwa informasi yang berkualitas baik memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:
- Clearly state what they are about and whom they are for
- Are relevant to the people for whom they are intended
- Are accurate and consistent with up-to-date research evidence
- Are accessible, comprehensible and acceptable to the people for whom they are intended
- Support patient-focused healthcare
- Are designed to achieve their particular aims
- Help people to identify further sources of information and support
- Help people to judge the quality of the information provided.
(Source: http://www.scotland.gov.uk/Publications/2003/10/18378/28154
- Jelas menyatakan tentang apa dan untuk siapa
- Relevan (sesuai) dengan keinginan orang yang dituju
- Akurat dan konsisten denagn bukti riset terbaru
- Dapat diakses, dipahami, dan diterima oleh orang yang dituju
- Mendukung kesehatan pasien
- Didesian untuk mencapai tujuan tertentu
- Membantu orang untuk menentukan sumber informasi dan dukungan selanjutnya
- Membantu orang untuk menentukan kualitas informasi yang tersedia
Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: "Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang menyerah diri? Dan tidaklah sama kebaikan dan kejahatan. Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat setia (QS Fushilat 41:33-34)
Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk (QS an-Nahl 24:125)
Wallaahu a’lam bish-shawwab,
Muhammad Muhtar Arifin Sholeh
Dosen di UNISSULA Semarang
Ph.D Student di Department of Information Studies, University of Sheffield UK
Alumni Antropologi UGM & Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga
Alumni Aberystwyth University, UK
Ketua Kibar UK 2009/2010
http://muhstarvision.blogspot.com
0 comments: