•01:01
Pengajian of Dearest Friday – PDF (seri ke-72)
Jum’at, 16 Oktober 2009

Bismillaahirrahmaanirrahiim
Assalaamu’alaikum Wr. Wb.


PERPUSTAKAAN YANG ISLAMI (1) - Librarian

Perpustakaan yang Islami adalah perpustakaan yang memancarkan ajaran Islam dan nilai-nilainya dalam kehidupan di dunia ini. Karena Islam itu bersifat universal (umum), kebaikan-kebaikan perpustakaan yang dikenal oleh masyarakat umum (yang disebut ma’ruf – kebaikan yang dikenal secara umum) merupakan ajaran Islam. Kebaikan perpustakaan yang dikenal secara umum adalah kelengkapan koleksi, kepuasan pemakai (user satisfaction), keramahan staff terhadap pemakai (user friendly), staff yang professional (professionality), anggaran yang mencukupi, kenyamanan, ketenangan, keamanan, dsb-dsb. Semua kebaikan tersebut diajarkan dalam Islam. Pembahasan pada seri ke-72 ini difokuskan pada sumber daya insani (SDI) perpustakaan, yaitu pustakawan. Bagaimana pustakawanan yang baik? (Pembahasan seri ini berkaitan dengan Pengajian of Dearest Friday seri ke- 34-36, 59-62, 70, dan 71)

Pustakawan yang Islami adalah seorang muslim atau muslimat yang berlatar belakang Imu Informasi dan Perpustakaan, yang dalam pekerjaannya dia selalu memahami dan mengamalkan ajaran-ajaran Islam dan nilai-nilainya.
Karena Islam itu bersifat universal, kebaikan-kebaikan seorang pustakawan yang dikenal oleh masyarakat umum merupakan ajaran Islam. Secara umum dikenal bahwa pustakawan hendaknya mempunyai karakter baik yang menunjukkan good PERSONALITY, yang merupakan singkatan dari ;
-
P : Pleasant (menyenangkan, menyedapkan, menyegarkan)
-
E : Eager (berkeinginan besar untuk berkembang dan berprestasi)
-
R : Respect (rasa hormat dan menjaga kehormatan terhadap siapa pun)
-
S : Sense of responsibility (rasa tanggung jawab besar terhadap tugas)
-
O : Objective (obyektif, apa adanya, jujur)
-
N : Neat (rapi dan bersih dalam kerja dan penampilan)
-
A : Accurate (akurat, tepat dalam pikiran dan perhitungan)
-
L : Loyal (setia terhadap pekerjaan dan tempat kerja)
-
I : Intellectual (pandai, cerdas, kuat ingatan, pikiran kreatif)
-
T : Taft (keras dalam bekerja, tangguh dalam usaha)
-
Y : Youthful (berjiwa muda, giat, rasa ingin tahu tinggi, dinamis)

Profesionalitas pustakawanan dapat dilihat salah satunya dari sisi latar belakang pendidikan, baik tingkat diploma, S1, S2, atau S3. Dari sisi latar pendidikan formal, kebanyakan pustakawan Indonesia masih berpendidikan diploma (D3 atau D2), namun sebagian S1, dan sangat sedikit mereka yang berpendidikan S2, dan S3 masih langka. Di Amerika dan Kanada seorang pustakawan biasanya berpendidikan master degree (S2), sedangkan di Inggris pendidikan mereka biasanya bachelor degree (S1) atau master degree (S2). Dalam Wikipedia Encyclopedia (dapat diakses di internet) dinyatakan :
In the United States and Canada, a librarian normally has a one or two-year master's degree
in library and information science
, library science
or information science
(called an MLS, MALIS, MSLS, MIS, MS-LIS, MISt, MLIS, or MILS) from an accredited university. In the United Kingdom and some other countries, a librarian can have a three- or four-year bachelor's degree
in library and information studies
or information science
; separate master's degrees
in librarianship, archive management, and records management are also available.

Karakter pustakawan dapat dilihat dari peranannya. Dalam tulisan berjudul the Library Profession and the Intemet : Implications
and Scenarios for Change (1997), June Abbas menyatakan beberapa peran pustakawan sebagai gerbang baik menuju masa depan maupun masa lalu, yaitu ; sebagai guru atau yang memberdayakan ; sebagai pengelola pengetahuan ; sebagai pengorganisasi jaringan sumber daya informasi ; sebagai penyokong pengembangan kebijakan informasi ; sebagai rekan kerja masyarakat ; sebagai mitra kerja sama dengan penyedia jasa teknologi ; sebagai teknisi perpustakaan ; dan sebagai konsultan informasi.


Keilmuan Pustakawanan

Dalam Kitab Suci al-Quran disebutkan,
Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya; Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya” (QS. al-Israa’ 17:36).
Inti ayat ini adalah bahwa orang yang melakukan atau mengikuti sesuatu harus memahami apa yang dilakukan atau diikutinya itu. Dengan kata lain, seseorang harus mempunyai ilmu tentang apa yang dilakukan atau diikuti. Ilmu (berilmu) sebenarnya merupakan inti profesionalisme dan disiplin dalam dunia akademik. Seorang pustakawan yang tentunya bekerja di perpustakaan harus mempunyai ilmu-ilmu tentang apa yang dikerjakan di tempat kerjanya. Ilmu-ilmu bagi pustakawan tersebut dikatakan sebagai five main sciences of librarianship (FMSL – baca ef-em-es-el), yang dijelaskan pada bagian berikut.


A.
Ilmu Nila-nilai (Value Science)

Nilai adalah standar kualitas sesuatu yang menunjukkan baik-buruk, benar-salah, halal-haram, sopan-sitak sopan, dan sebagainya. Pustakawan hendaknya benar-benar menghayati, memahami, dan mengamalkan nila-nilai agama, nilai-nilai moralitas masyarakat, dan nilai-nilai hukum yang berlaku di negaranya. Nilai-nilai kemanusiaan harus dijunjung tinggi, seperti nilai kebenaran, keadilan, dan nilai keindahan. Mereka harus taat beribadah, beriman kuat, dan berbudi luhur (akhlaqul-karimah). Dalam hal ini motivasi yang tinggi komunkasi yang baik harus diwujudkan. Tujuan utama ilmu nilai-nilai ini adalah agar manusia menjadi berbudi luhur (akhlaqul-karimah).

Rasulullah saw bersabda, yang artinya: “Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlaq yang mulia” (HR Baihaqi); “Orang mu’min yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaq-nya” (HR Tirmidzi).
Dalam hadits lain disebutkan, “Aku (Abdullah Ibnu Umar) berkata “Aku mendengar Rasulullah saw bersabda, ‘Maukah kalian aku beritahukan siapa di antara kalian yang paling aku cintai dan paling dekat tempatnya denganku nanti pada hari kiamat?’ Beliau mengulangi pertanyaan itu dua atau tiga kali. Lalu sahabat-sahabat menjawab, ‘Tentu ya Rasulullah’. Nabi saw bersabda, ‘Yaitu yang paling baik akhlaqnya di antara kalian’” (HR Ahmad).

B.
Ilmu Informasi (Information Science)

Ilmu informasi (information science) yang harus dikuasai oleh para pustakawan mencakup konsep informasi, jenis informasi, kualitas informasi, sumber informasi, dan manajemen informasi. Tujuan utama ilmu ini adalah agar pustakawan mempunyai pengetahuan luas tentang informasi dan kesadaran informasi yang tinggi. Selain itu, mereka harus mampu mengevaluasi/menilai kualitas informasi, benar atau salah, bermanfaat atau tidak.
Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu (QS al-Hujuraat 49:6).

C.
Ilmu Perpustakaan (Library Science)

Ilmu perpustakaan (library science) adalah ilmu yang mempelajari tentang konsep perpustakaan, jenis perpustakaan, fungsi perpustakaan, manajemen perpustakaan, dan pelayanan perpustakaan. Tujuan utama ilmu perpustakaan adalah agar pustakawan mempunyai wawasan yang luas tentang perpustakaan dan keterampilan kerja yang baik di perpustakaan, baik di bagian pengolahan maupun pelayanan koleksi.
Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah, Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam. Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya (QS al-‘Alaq 96:1-5).

D.
Ilmu Bahasa Inggris (English Science)

Karena tuntutan jaman, pengetahuan dan keterampilan berbahasa Inggris bagi pustakawan menjadi keharusan. Reading comprehension (pemahaman bacaan), dengan penguasaan kosa kata (vocabulary) yang kuat, penerjemahan (translation) yang baik, dan pemahaman tata bahasa (grammar; phrase, clause, sentence) yang mendalam, merupakan bagian utama bahasa Inggris yang harus dikuasai oleh pustakawan. Walaupun demikian, keterampilan menulis (writing), berbicara (speaking), dan mendengar (listening) dalam bahasa Inggris menjadi tuntutan yang sangat perlu. Bagi pustakawan kemampuan berbahasa Inggris ini sangat penting untuk memperlancar kerjanya, seperti dalam pengolahan koleksi, untuk melacak informasi di internet, dan untuk berkomunikasi di dunia internasional.
Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa - bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal (QS al-Hujuraat 49:13)
Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah menciptakan langit dan bumi dan berlain-lainan bahasamu dan warna kulitmu. Sesungguhnya pada yang demikan itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang mengetahui (QS ar-Ruum 30:22)

E.
Ilmu Teknologi Informasi-Komunikasi (ICT Science)

ICT
(information-communicaton technology) yang harus dikuasai secara teori maupun praktik oleh pustakawan adalah tentang microsoft word (untuk mengetik), microsoft excel (untuk membuat tabel penghitungan), microsoft power point (untuk membuat bahan presentasi), dan internet (browsing, e-mail). Pustakawan juga harus terampil melacak informasi secara online seperti browsing di internet atau di CD-ROM (compact disc read only memory). Selain itu, pustakawan juga harus mampu mengoperasionalisasikan program otomasi perpustakaan (library software) di tempat kerjanya. Dengan ICT manusia dapat menembus penjuru permukaan bumi untuk melacak informasi di perpustakaan mana pun.

Hai jama'ah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan (QS ar-Rahmaan 55:33).



Wallaahu a’lam bish-shawwab,
Fas-aluu ahladz-dzikri inkuntum laa ta’lamuun

Penulis:
Muhammad Muhtar Arifin Sholeh
Dosen di UNISSULA Semarang
Ph.D Student di Department of Information Studies, University of Sheffield UK
Alumni Antropologi UGM & Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga
Alumni Aberystwyth University, UK
Ketua Kibar UK 2009/2010
http://muhstarvision.blogspot.com
Reblog this post [with Zemanta]
|
This entry was posted on 01:01 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 comments: